Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Best People Studentpreneur Indonesia

Meraup Rezeki Puluhan Juta Rupiah dari Tanaman Anggrek


Bunga Anggrek Bukan Hanya Cantik, Tapi Juga Bisa Memberi Anda Rezeki Besar. Bagaimana Caranya?

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak kekayaan alam, salah satunya adalah bunga anggrek dengan varian hingga 5000 jenis lebih. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk berbisnis. Begitulah kiranya yang dilakukan oleh Ariek Firmansyah yang berbisnis tanaman hias anggrek melalui tokonya yang bernama Tengger Orchid.

 

Jadi, bisa diceritakan, bagaimana awal mulanya Mas Ariek tertarik untuk terjun di dunia bisnis tanaman hias, khususnya anggrek?

Awal mulanya saya tertarik berbisnis di dunia anggrek karena potensi anggrek di Indonesia begitu melimpah. Dan anggrek menjadi sebuah produk tanaman hias yang tidak mudah membuat orang cepat bosan. Selain itu, varian dari anggrek Indonesia khususnya species (anggrek alam) sangat beragam. Jadi, kalau kita gunakan sebagai bahan persilangan akan menghasilkan jenis baru yang tidak terbatas.

ariek-firmansyah

Kenapa terpikir untuk bergerak di bidang tanaman hias?

Saya memilih berbisnis di bidang anggrek karena berawal dari sebuah hobi. Saya mengawalinya bersamaan dengan kegemaran saya mendaki gunung. Saat naik gunung inilah saya diperkenalkan oleh eksotisme bunga anggrek yang juga menjadi ciri khas tanaman asal Indonesia. Sejak saat itulah saya mencari peruntungan dengan berjualan tamanan anggrek via online shop. Ternyata respon yang didapat pun cukup positif sehingga menarik banyak peminat untuk membeli tanaman anggrek. Akhirnya, saya memutuskan untuk terjun berjualan tanaman anggrek sampai sekarang.

 

Tanaman anggrek jenis apa saja yang ada di Tengger Orchid?

Banyak sekali jenis tanaman anggrek yang dijual di Tengger Orchid dan tidak bisa disebutkan satu persatu. Kami memiliki banyak sekali tanaman anggrek yang memiliki kualitas yang sangat baik dan cocok untuk dijadikan tanaman hias di rumah. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mengakses laman website tenggerorchid.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait bunga anggrek yang dijual.

 

Apa sih tantangannya menjalankan bisnis di bidang tanaman hias, khususnya anggrek?

Tantangan menjalankan bisnis di bidang tanaman hias anggrek adalah ada pada system perbanyakan penanaman. Pasalnya, untuk menghasilkan satu tanaman anggrek yang berkualitas tak semudah menanam tanaman hias lainya. Hal ini dikarenakan biji anggrek yang harus ditanam dengan menggunakan media tambahan. Selain itu, dalam menanam tanaman anggrek juga harus dilakukan di tempat yang steril agar menghasilkan tanaman anggrek yang berkualitas super.

 

Indonesia dikenal memiliki banyak varian anggrek yang sangat menawan, anggrek jenis apa yang banyak diminati masyarakat dan kenapa?

Benar sekali, Indonesia memang memiliki banyak sekali jenis tanaman anggrek. Menurut data, ada sekitar 5000 lebih species anggrek yang terdaftar. Diantaranya yang banyak disukai masyarakat adalah jenis dendrobium, phalaenopsis dan vanda. Hal ini dikarenakan kedua anggrek tersebut mudah hidup di dataran rendah bunganya juga sangat menarik dan indah. Selain itu, jenis anggrek ini juga memiliki banyak varietas.

 

Dalam satu bulan, Mas Ariek biasanya dapat menjual berapa tanaman anggrek dan berapa penghasilan yang didapat?

Untuk pemasukan anggrek memang luar biasa. Pasalnya, daya serap masyarakat yang sangat luar biasa untuk memiliki tanaman hias jenis anggrek. Dalam sebulan saja, rata-rata penghasilan kotor yang didapat bisa mencapai puluhan juta rupiah. Dan tidak menutup kemungkinan, hasilnya juga akan semakin bertambah jika berhasil menjual anggrek ke luar negeri, misalnya.

 

Bagaimana perkembangan dunia bisnis tanaman hias di Indonesia saat ini?

Perkembangan bisnis anggrek di dalam negeri menurut saya saat ini sedang mengalami penurunan. Pasalnya, tidak sedikit para pembudidaya anggrek yang tutup karena kurangnya perhatian dari pemerintah maupun pemerhati tanaman anggrek itu sendiri. Sehingga hal inilah yang membuat banyak pebisnis tanaman anggrek pun beralih profesi. Tak hanya itu saja, saat ini Indonesia juga dibanjiri oleh produk tanaman anggrek dari luar negri yang melimpah. Jadi, sekalipun daya serap masyarakat kita benar-benar luar biasa tapi jika yang dipilih adalah anggrek dari luar negeri maka akan berujung matinya pembudidaya anggrek dalam negeri. Padahal, tanaman anggrek dalam negeri tidak kalah dengan tanaman anggrek dari luar negeri.

 

Bagaimana sih cara budidaya tanaman anggrek yang baik agar nanti bunganya menjadi sangat indah dan menawan?

Ada beberapa cara budidaya agar bunga anggrek dapat menjadi lebih indah dan menawan. Diantaranya adalah dengan memberikan kebutuhan intensitas cahaya yang sesuai. Kemudian, perhatikan pula kebutuhan air dan udara untuk tanaman anggrek. Terakhir, jangan lupa untuk memberikan perawatan dan pemupukan pada tanaman anggrek secara teratur.

 

Pernah merasa frustasi karena gagal dalam menjalankan bisnis di bidang tanaman hias, dan bagaimana Mas Ariek mengatasinya?

Frustasi dalam menjalankan bisnis saya kira adalah hal yang biasa. Bahkan, semua pengusaha pun pasti akan mengalaminya. Dan hal itu bergantung pada masing-masing orang untuk mengatasinya atau mencari solusinya. Saya sendiri selalu memilih untuk berpikir optimis dan yakin akan bisnis yang saya jalankan untuk pantang mundur.

 

Terakhir, apa saran dari Mas Ariek agar mereka yang memulai bisnis tanaman hias tetap bersemangat?

Saran saya, Indonesia memiliki ribuan jenis tanaman hias dan anggrek kita hanya memerlukan kreatifitas menampilkan sesuatu “yang berbeda”. Kalau kita membuat persilangan maka akan menghasilkan persilangan yang unik yang berbeda. Jangan khawatir, para para pecinta anggrek nusantara maupun luar negeri pun selalu mencari jenis-jenis anggrek yang baru.
Mari berdiskusi di kolom komentar! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau mengikuti kelas-kelas online gratis di Studentpreneur.

 

Rekomendasi Kelas Online Studentpreneur Gratis Untuk Anda:

Cara Mencari Investor Untuk Startup Baru

How to Sell Anything in 3 Simple Steps

Membangun Bisnis yang Bisa Berjalan Sendiri

Agus Fariansyah

Agus Fariansyah adalah reporter Studentpreneur yang bercita-cita naik haji bersama keluarganya.

Facebook Google+ 

Summary
Article Name
Meraup Rezeki Puluhan Juta Rupiah dari Tanaman Anggrek
Author
Description
Bunga Anggrek Bukan Hanya Cantik, Tapi Juga Bisa Memberi Anda Rezeki Besar. Bagaimana Caranya?