Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

Skill Terpenting yang Wajib Dikuasai Oleh Seorang Pebisnis


Ingatkah anda di sebuah sore hari ketika sedang mendengarkan guru atau dosen anda berpresentasi?

Apa yang anda lakukan waktu itu?

Mungkin anda sedang (berpura-pura) serius mendengarkan
Mungkin anda sedang asik bermain dengan gadget anda
Mungkin anda bahkan tidak ingat lagi apa yang anda lakukan (karena sudah tertidur dengan lelap di pojok ruangan 🙂 )

Itulah potret yang terjadi di mayoritas bangku sekolah atau perkuliahan. Dari survey yang saya adakan, student mengatakan bahwa 70 – 80% perkuliahan membosankan, hanya 20 – 30% yang menarik.

Presentation

Akan tetapi, mari sekarang kita balik situasinya… Bagaimana jika andalah yang berdiri berpresentasi di depan dan yang ada di bangku audiens adalah calon investor atau calon customer anda. Mampukah anda meyakinkan mereka? Seberapa pentingkah kita menguasai kemampuan untuk menyampaikan pesan dengan jelas, terstruktur dan meyakinkan?

“Tentu saja penting sekali Pak.. kalau mereka sampai bosan dan tidak mengerti, mana mungkin saya bisa dapat order, kontrak atau investasinya”

Yup.. benar sekali dan pertanyaan saya selanjutnya adalah “Apakah anda pernah mempelajari cara berpresentasi yang efektif?”

Banyak orang tidak mampu berpresentasi dengan efektif hanya karena sebab yang simpel, yaitu karena mereka tidak pernah mempelajari caranya. Ini adalah suatu ilmu yang jarang atau bahkan tidak pernah anda dapatkan di bangku sekolah dan bangku kuliah.

Menguasai teknik berpresentasi juga bukan semata mampu berbicara di depan banyak orang tanpa merasa nervous. Ada sesuatu yang lebih dari itu, berikut adalah beberapa hal dan manfaat yang bisa anda dapatkan ketika anda menguasai teknik-teknik presentasi:

(1)    Anda mampu menstrukturkan cara berpikir dan menjelaskan sesuatu dengan runtut

Apakah anda pernah mengalami kondisi seperti ini “Pak…saya tahu apa yang saya maksud tapi saya bingung ketika harus mengungkapkannya dalam kata-kata”? Ternyata cara menjelaskan sesuatu bisa dipelajari. Di dalam ilmu presentasi anda akan mempelajari cara menyusun konten sehingga penjelasan anda menjadi simpel, mudah dipahami dan senantiasa diingat oleh audiens.

Bahkan ada satu perusahaan bernama common craft (silahkan anda cek di commoncraft.com) yang produknya adalah penjelasan. Mereka sampai disewa oleh perusahaan-perusahaan sekelas LEGO, Intel, Google, Dropbox dan Microsoft hanya untuk menyusun penjelasan produk ke masyarakat dan calon konsumen.

(2)    Anda bisa meyakinkan orang lain akan ide atau produk anda

Meyakinkan, mempersuasi dan membuat orang lain mengikuti anda bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, memiliki antusiasme tinggi terhadap ide atau produk anda saja tidaklah cukup.

Jerry Vass, seorang pakar sales, dalam bukunya Soft Selling in a Hard World mengatakan bahwa proses meyakinkan orang lain ibarat bermain catur. Seantusias apapun anda ingin menang, akan tetapi jika anda tidak mempelajari cara dan kaidah bermainnya, ya tetap saja anda akan kalah dari mereka yang memang sudah berlatih dan tahu cara-caranya.

Anda bisa menyaksikan bagaimana orang-orang memulai dan mengembangkan bisnis mereka dengan meyakinkan calon investor di acara televisi Dragon’s Den atau Shark Tank. Silahkan belajar bagaimana mereka bisa mengembangkan ide-ide kreatif dan meyakinkan calon investor.

(3)    Anda bisa meleveragekan bisnis anda dengan cepat melalui presentasi

Presentasi adalah sebuah cara yang efektif untuk menyampaikan ide atau produk sekaligus langsung ke banyak orang. Hal ini bisa anda lakukan baik melalui presentasi tatap muka langsung atau dalam bentuk video yang anda tampilkan secara online. Dengan sifat presentasi yang lebih engaging (melibatkan lebih banyak indera) plus dalam presentasi live juga memungkinkan adanya interaksi, maka ini adalah satu cara yang ampuh untuk lebih mengembangkan bisnis anda ke level yang berikutnya.

Setelah mengetahui 3 manfaat di atas, bisakah anda menanggung akibat dari tidak mengetahui cara berpresentasi efektif? Anda tentunya tidak ingin melihat wajah calon customer atau investor yang kebingungan ketika mendengarkan penjelasan anda, atau menghadapi penolakan demi penolakan hanya karena anda tidak menguasai cara meyakinkan orang lain.

Saya yakin bahwa anda semua memiliki ide, inspirasi yang ingin anda wujudkan dalam sebuah bentuk nyata. Jangan biarkan orang lain dengan dengan ide yang biasa-biasa yang mendapatkan klien, bisnis atau penghargaan. Dengan mempelajari ilmu presentasi efektif dan meyakinkan orang lain, pastikan bahwa anda lah yang akan mendapatkan hal-hal yang anda inginkan.

Jangan lupa ikuti facebook dan Twitter kami ya!

 

Baca Juga:

Gadis Cantik Ini Mungkin Mampu Menyelamatkan Dunia

Dari Glodok Menjadi Salah Satu Orang Terkaya di Indonesia

Video Tutorial Belajar Presentasi Gratis

David Pranata

David Pranata adalah seorang trainer di bidang komunikasi dan presentasi, serta founder dari presentasiefektif.com.
Dapatkan FREE pembelajaran presentasi secara online dari David Pranata melalui 4 seri video tutorial belajar presentasi di presentasiefektif.com/studentpreneur




  • Joko Susilo

    apalagi skill yang dibutuhkan sebagai pebisnis pak?

  • http://PresentasiEfektif.com/ David Pranata

    Halo Joko, terima kasih atas komentarnya.
    Tentu saja banyak sekali skill yang dibutuhkan oleh seorang pebisnis Pak. Dari pengalaman saya pribadi semakin banyak saya belajar, ternyata semakin tahu saya bahwa ada masih banyak lagi yang harus dipelajari. Jadi belajarnya juga tidak pernah berhenti.

    Berikut saya beri contoh-contoh skill nya Pak: skill menjual, bernegosiasi, networking, membaca dan analisa laporan keuangan, mengelola uang dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Selamat belajar Joko