Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Motivasi Seri Orang Terkaya Dunia

Orang Terkaya di Inggris Ini Hidup Untuk Berbagi


Tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah, peribahasa inilah yang mengantarkan pria ini menjadi orang terkaya di Inggris.

Chris Hohn terkenal karena menjadi salah satu penyumbang dana terbanyak di seluruh dunia. Pada tahun 2011 saja, total Chris Hohn sudah menyumbang sekitar 1 miliar dolar atau 10 triliun rupiah. Usaha dari Chris Hohn adalah seorang investor dan menjadikannya sebagai orang terkaya nomor 40 di Inggris. Konsep dari berbisnis Hohn adalah, hidup untuk berbagi.

Chris Hohn lahir di London pada tahun 1967, dari orang tua keturunan Jamaika. Orang tua Hohn besar dan bekerja di Jamaika sebelum akhirnya pindah ke Inggris pada tahun 1960. Setelah itu, Hohn menghabiskan masa kecilnya di London. Dia kuliah di Universitas Southampton. Setelah lulus dari kampusnya, Hohn tidak langsung bekerja, dia ternyata ingin mendalami bisnis lebih lanjut. Hohn masuk ke Harvard Business School dan mendapatkan gelar master bisnisnya disana. Kemudian Hohn menikah dengan Jamie Copper, teman kampusnya.

 

Bekerja di hedge fund

Apa itu hedge fund? Hedge fund adalah sebuah perusahaan investor, mulai dari investasi asuransi, kredit, bank dan lain-lain. Hohn bekerja di sebuah hedge fund di Amerika Serikat, yaitu Perry Capital. Disana Hohn belajar bagaimana membuat perusahaan investasi. Setelah itu, Hohn diberi kuasa untuk membuka cabang dari Perry Capital di London. Pada tahun pertamanya 1998, Hohn mendapatkan investasi  75 juta.

chris-hohn

Hidup adalah untuk berbagi

Sebelum terjun di perusahaannya sendiri, Hohn membuat The Children’s Investment (TCI) fund yang dipimpin oleh istrinya. Disini, bahkan istri Hohn tidak mengambil keuntungan. Disini apa guna TCI? TCI bekerja sama dengan lembaga charity diseluruh dunia. Konsep berbagi untuk anak-anak lahir ketika Hohn sedang mengunjungi Filipina, dan melihat banyak anak-anak yang meminta-minta.

Setelah itu, Hohn benar-benar terjun di bisnisnya tersebut bersama istrinya. Hohn bekerja sama dengan konsultan di seluruh dunia untuk berkerja sama dengan foundation di setiap negara. Kisah Hohn sendiri sangat terkenal, dan donasi pun mengalir di TCI. Pada tahun 2008 saja, TCI mendapatkan 230 juta dolar, dan seperti yang diberitahui diawal, TCI sudah mendapatkan total 1 miliar dolar selama 5 tahun. Bahkan, pada tahun 2013, TCI mengumumkan untuk stop menerima dana, karena TCI sudah terlalu besar.

 

Mendapat gelar kehormatan

Tidak banyak orang yang melakukan pekerjaan sosial seperti Hohn. Bahkan, Hohn sendiri dipuji beberapa petinggi negara. Bill Clinton, ketika menjabat sebagai presiden Amerika Serikat  mengatakan bahwa,“Seorang dermawan seperti Hohn adalah yang akan mengubah dunia”. Sekarang nama Hohn adalah Sir Christopher Hohn, gelar Sir adalah gelar kehormatan tertinggi bagi warga Inggris.

 

Berbisnis yang dilakukan Hohn ini bukan untuk keuntungan semata, tetapi semangat untuk berbagi. Bagaimana menurut Anda? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Ejin]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tokopedia, Startup Lokal yang Mendapatkan Investasi 1,2 Trilliun Rupiah

Pendiri BlackBerry Ternyata Tidak Lulus Kuliah

Girls Power: Ken Iswari Buktikan Wanita Juga Bisa Sukses di Dunia Teknologi

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Orang Terkaya di Inggris Ini Hidup Untuk Berbagi
Author
Description
Tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah, peribahasa inilah yang mengantarkan pria ini menjadi orang terkaya di Inggris.