Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Inovator

Insinyur Cerdas Dibalik Pembuatan Jam Tangan Casio


Selalu melakukan inovasi menjadi kunci sukses jam tangan Casio mendunia.

Sekarang jam tangan adalah menjadi barang yang wajib dibawa setelah dompet dan handphone. Jika Anda mengenal jam tangan Casio, Anda pasti langsung tertuju pada jam tangan digital asal Jepang. Pendirinya adalah Tadao Kashio. Pada awalnya Tadao hanya menjual kalkulator digital pertama di dunia, lalu menjual jam tangan digital pertama di dunia.

 

Tadao Kashio

Tadao merupakan seorang insinyur yang sangat kreatif. Lahir di Jepang pada tahun 1917, Tadao memulai bisnisnya dengan menjual pipa yubiwa. Pipa yubiwa ini adalah cikal bakal pipa rokok jaman sekarang. Tadao menabung sedikit demi sedikit untuk membuat sesuatu yang lebih berguna. Lalu disuatu pameran, Tadao melihat kalkulator elektronik. Apa yang ada dipikiran Tadao? Kalkulator tersebut masih tidak praktis.

 

Membuat kalkulator digital

Sebagai seorang insinyur, adalah tugas Tadao membuat sesuatu yang baru. Bersama saudaranya, Tadao lalu bereksperimen untuk membuat kalkulator yang baru. Tidak berapa lama, akhirnya Tadao berhasil membuat kalkulator baru, yaitu digital. Pada jaman dahulu, kalkulator masih berbentu roda gigi untuk menghitung. Tetapi Tadao membuat kalkulator berbahan magnetic solenoid. Dan kalkulator Tadao ini adalah kalkulator pertama yang memiliki tombol digit.

Kalkulator tersebut akhirnya disempurnakan dan menjualnya di masyarakat umum. Kalkulator Tadao sangat laku dipasaran dan Tadao mendapat keuntungan sampai 500ribu yen. Dan itu semakin membuatnya bersemangat untuk membuat inovasi selanjutnya. Tad Dan Tadao ingin membuat jam digital.

jam-tangan-casio

Membuat jam digital

Pada saat itu, jam yang sering digunakan oleh banyak orang adalah jam analog. Tetapi, Tadao membuat inovasi terbaru, yaitu membuat jam tangan digital dengan dilengkapi dengan calendar. Jadi pikiran Tadao adalah, bagaimana jam tidak hanya menjadi penunjuk waktu. Tetapi bisa mengetahui secara detail tentang jam, menit, detik, bulan serta hari. Setelah itu Tadao mulai memodifikasi jamnya agar lebih menarik. Yaitu menambah zona waktu dan beberapa tombol yang unik.

Tadao menamakan jamnya sesuai nama belakangnya, Casio. Sebenarnya Tadao ingin menamakan Kashio, tapi karena ejaannya kurang enak dan ingin disempurnakan, maka lahirlah jam digital merk Casio. Tadao juga membuat jam yang tahan banting dan kuat, yaitu G-Shocks. Jam tangan G-Shocks pertama kali keluar pada tahun 1983. Tadao juga tidak sekedar membuat G-Shocks, jam tersebut dibuat dengan ketahanan bisa jatuh diketinggian 10 meter dan baterainya tahan sampai 10 tahun. Maka karena itu jam Casio sangat digemari. Tidak hanya kalkulator dan jam tangan, Tadao yang suka musik juga membuat beberapa alat musik. Yaitu piano keyboard dan terompet. Pada tahun 1981, Tadao juga sempat membuat kamus digital, dan itu juga membuat produknya sangat terkenal. Beberapa produk unggulan lainnya adalah LCD TV berukuran kecil.

 

Nah, sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui bagaimana produk Casio berkembang. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda termasuk pengguna jam tangan Casio? Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Cisnky]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Tokopedia, Startup Lokal yang Mendapatkan Investasi 1,2 Trilliun Rupiah

Pendiri BlackBerry Ternyata Tidak Lulus Kuliah

Girls Power: Ken Iswari Buktikan Wanita Juga Bisa Sukses di Dunia Teknologi

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Insinyur Cerdas Dibalik Pembuatan Jam Tangan Casio
Author
Description
Selalu melakukan inovasi menjadi kunci sukses jam tangan Casio mendunia.