Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Berita Bisnis Best People Motivasi Seri Orang Terkaya Dunia

Dari Pegawai Biasa, Pria Ini Menjadi Raja Property China


Pria ini tak pernah berhenti berjuang untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik hingga menjadi seorang bos real estate di China.

Wang Jianlin, adalah orang terkaya nomor 4 di China. Dia merupakan pemilik dari Dalian Wanda Group, salah satu perusahaan real estate terbesar di China. Wang bukan terlahir dari keluarga yang berada, dia setelah lulus kuliah bahkan perah bekerja sebagai admin kantor rendahan. Lalu mencoba mengakuisisi perusahaan real estate yang hampir bangkrut. Dan sekarang, dia mempunyai kekayaan 132 triliun rupiah.

Keluarga Jianlin sangat sederhana, orang tuanya adalah anggota tentara China. Pada saat Jianlin lahir, China baru merdeka 5 tahun. Bahkan Jianlin juga masuk tentara pada saat umur 14 tahun. Setelah lulus kuliah, dia langsung bekerja sebagai pegawai adminsitrasi di Xigang District. Jadi bisnis Jianlin pertamanya dibangun di kawasan pemerintahan. Kemudian dia berturut-turut naik jabatan karena etos kerjanya yang tinggi. Setelah itu pada tahun 1989 dia menjadi pimpinan kawasan pengembangan di Xigang. Disana dia juga mempunyai beberapa pabrik.

 

Berawal dari pemerintahan

Siapa sangka, berawal dari pegawai administrasi biasa, Jianlin menjadi pegawai pemerintah yang berpengaruh. Walaupun tidak mempunyai modal yang cukup, akhirnya Jianlin berani mengakuisisi perusahaan real estate yang hampir bangkrut. Perusahaan tersebut adalah Dalian Wanda. Yang menjadi kunci dari perkembangan Dalian Wanda adalah koneksi atau networking dari Jianlin. Dia mempunyai koneksi pemerintahan yang kuat. Beberapa proyek-proyek dari Dalian Wanda pun berasal dari koneksi Jianlin. Dia kemudian menjadi CEO dari Dalian Wanda sejak tahun 1993. Sebelum itu, dia juga menjadi anggota salah satu partai besar di China.

wang-jianlin

Visi dan misi Jianlin sangat kuat

Mendirikan perusahaan real estate tidak hanya sekedar membuat uang, tetapi juga membuat perkembangan yang cukup besar di China. Total Dalian Wanda mempunya 88 plaza, 55 hotel bintang lima, 1200 lebih bioskop, 78 pusat perbelanjaan dan masih ada lagi tempat hiburan lain di China. Itu masih di China, sekarang Dalian Wanda tidak hanya mengakomodir di China tetapi juga diseluruh dunia. Di dunia, Dalian Wanda telah menginvestasikan 1 miliar dolar untuk membuka hotel di London dan Amerika Serikat.  Bahkan sekarang pemilik perusahaan film nomor 1 di Asia adalah Dalian Wanda.

Perkembangan real estate dan bangunan bertingkat menjulang di Beijing adalah beberapa milik dari Dalian Wanda. Jika Anda mengetahui, di Beijing ada sekitar 100 blok gedung, semuanya milik Dalian Wanda. Disana ada apartemen, hotel, plaza, pusat perbelanjaan sampai hiburan-hiburan kelas atas. Pada tahun 2012 kemarin, Dalian Wanda berhasil mengakuisisi perusahaan distributor bioskop terbesar di Amerika Serikat sebesar 1.6 miliar dolar. Bayangkan perusahaan bioskop terbesar di Amerika Serikat, sekarang diakuisisi oleh perusahaan asal China.

 

Nah, sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui kan bagaimana kisah orang terkaya nomor 4 di China yang mempunyai koneksi atau networking yang sangat tinggi. Dia juga tidak hanya sekedar mempunyai perusahaan real estate terbesar di China, tetapi juga turut mengembangkan pembangunan di China. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: Wiki]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Studentpreneur Founder Story: Dari Cinta Jadi Bisnis Besar

Aha! Inilah Ide bisnisku!

Tertarik Bisnis Online, Gadis 18 Tahun Raup Jutaan Rupiah per Bulan

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
Dari Pegawai Biasa, Pria Ini Menjadi Raja Property China
Author
Description
Pria ini tak pernah berhenti berjuang untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik hingga menjadi seorang bos real estate di China.