Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Cool Places

Cyberjaya, Cikal Bakal Silicon Valley di Asia


Cyberjaya, Cikal Bakal Silicon Valley di Asia

Sebuah tempat yang menggairahkan bagi lahirnya teknologi-teknologi baru muncul di Asia Tenggara, Cyberjaya. Tempat ini merupakan ide pengembangan kawasan yang merangsang tumbuhnya inovasi teknologi baru. Terletak di negara Malaysia, kawasan ini menjadi sebuah kota yang dipersiapkan untuk menjadi the next Silicon Valley di dunia. Kota ini merupakan bagian dari Multimedia Super Corridor (MSC) dan diresmikan oleh Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad pada Juli 1999. Dengan luas kota 28,9 kilometer persegi, kota ini dipadati oleh perusahaan-perusahaan teknologi yang berada di Malaysia. Kota ini dibangun di lahan bekas perkebunan kelapa sawit. Cikal bakal yang diharapkan menjadi tumpuan harapan berkembangnya Cyberjaya adalah Universitas Multimedia (MMU).

Cikal Bakal berdirinya Cyberjaya

Kota ini dibentuk atas dasar studi pada tahun 1995 yang telah dilakukan oleh konsultan manajemen McKinsey yang digagas oleh Pemerintah Federal Malaysia untuk membangun sebuah Multimedia Super Corridor (MSC). Selanjutnya kota ini diimplementasikan oleh pemerintah lokal, Department of the Ministry Housing, serta Town & Country Planning. Rencana selanjutnya distimulus oleh berdirinya pusat riset dan pengembangan (R &D) yang terletak di sebelah selatan pusat administrasi Malaysia (Putrajaya) pada tahun 1996. Banyak perusahaan yang dilibatkan dalam proyek ambisius ini, awalnya Multimedia development Corporation memilih Cyberjaya sebagai lokasi yang pas untuk di dirikannya MSC di tempat itu. Kemudian Cyberview Shd Bhd (Cyberview) mengerjakan pengembangan real estate pada awal 1977.

Cyberview bekera bersama-sama dengan perusahaan-perusahaan lain seperti Setia Haruman Sdn Bhd (SHSB), Nippon Telephone and Telegraph (NTT), Golden Hope, MdeC, Permodalan Nasional Berhad (PNB) dan kumpulan Darul Ehsan Berhad (KDEB). Rencana itu disambut dengan baik oleh banyak pihak hingga banyak pihak yang dilibatkan untuk membangun proyek prestisius itu. SHSB ditunjuk sebagai pengembang. Telkom Malaysia dan Tenaga Nasional di tunjuk untuk menyediakan sarana telekomunikasi dan infrastruktur. Tahap pertama pengembangan berhasil dengan sukses menyediakan lahan seluas 1.430 hektar bagi sektor industri pada tahun 2006. Namun, masih menyisakan lahan seluas 1.460 hektar lagi yang siap untuk dikembangkan setelah tahun 2011. Cyberjaya didirikan untuk menjadi sebuah pusat kawasan teknologi  industri, namun secara spesifik pemerintah Malaysia berambisi untuk menyiapkannya sebagai pusat multimedia yang akan menarik perusahaan multimedia yang besar serta dilengkapi dengan sarana-sarana pendukung yang nyaman. Infrastruktur serta IT sistem yang modern disediakan di tempat yang nyaman ini. Demikian pula dengan sistem transportasi massal yang modern dan maju.

Perkembangan Cyberjaya

Perkembangan fisik di Cyberjaya relatif maju. Dengan total luas sekitar 28 kilometer persegi cyberjaya mulai memperlihatkan perkembangan yang baik. Kota ini menjadi jantung dari Multimedia Super Coridor (MSC) atau yang dikenal juga sebagai MSC Malaysia. Aktifitas kota mulai terbentuk dengan berdirinya industri baru, universitas, gedung pemerintahan, dan lain-lain. Industri-industri komersial yang mendunia dibangun di area ini, tercatat Dell, DHL, HP, Wipro, HSBC, Ericsoon, Motorola, Satyam, OCBC, BMW, IBM, Shell IT, Vivanova system, serta banyak lagi yang lainnnya. Pusat pendidikan di pusatkan pada Multimedia University (MMU). Universitas ini diharapkan menjadi salah satu komponen penting dalam pengembangan Cyberjaya. Dengan total lebih dari 20.000 lulusan sarjana baru dan berbagai macam disiplin ilmu, MMU menjadi harapan bagi Cyberjaya.

Institusi pendidikan lain juga terus bermunculan seperti Cyberjaya University College of Medical Science, Sekolah Seri Puteri, hingga Sekolah Kebangsaan Cyberjaya. Fasilitas publik juga diperhatikan dengan seksama, disana dibangun sistem transportasi yang baik dengan trotoar yang rapi. Taman-taman dibangun dengan indah. Salah satu yang terkenal adalah Cyberjaya Lake Garden yang menjadi pusat rekreasi yang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap.




  • http://www.facebook.com/mcwijaya Melly Wijaya

    nice!