Studentpreneur | Media Bisnis | Ide Bisnis | Bisnis Anak Muda

Tips

5 Cara Agar Meeting Anda Sukses


Banyak pengusaha yang tidak tahu bagaimana agar meeting yang dilakukannya bisa berhasil, simak tips dari kami berikut ini.

Menjadi seorang pebisnis, meeting mungkin akan menjadi makanan Anda sehari-hari. Selain itu, meeting adalah pertemuan yang sangat penting, mulai dari bagaimana perusahaan Anda bisa berkembang. Biasanya, meeting ada 2 jenis, meeting internal dan meeting eksternal. Meeting internal biasanya dilakukan antar intern pegawai, lalu sebaliknya meeting eksternal biasanya dilakukan untuk pertemuan dengan calon investor atau investor. Nah, agar meeting Anda berjalan lancar, Anda perlu lihat 5 cara agar meeting Anda dapat berjalan lancar.

Sebelum menjadwalkan meeting, Anda harus tahu meeting tersebu untuk apa

Ini sudah pasti, Anda ingin meeting harus mempunyai tujuan. Kenapa Anda melakukan meeting ini, siapa peserta Anda dan apa yang ingin Anda sampaikan sampai. Walaupun meeting mingguan atau bulanan dengan tim internal Anda, Anda harus tetap harus mengetahui sebenarnya buat apa meeting itu dilakukan. Ini akan berfungsi agar Anda bisa lebih fokus dalam meeting.

 

Undang peserta bukan penonton

Ini yang paling penting, usahakan Anda mengundang peserta meeting bukan penonton. Penonton disini adalah peserta meeting yang pasif atau bahkan tidak berperan apa-apa dalam meeting tersebut. Meeting disini bertujuan agar para peserta tidak hanya sekedar mendengarkan, tetapi bisa turut berperan. Ketika Anda mengundang peserta yang pasif, lebih baik Anda tidak mengundang sekalian. Karena mereka bisa lebih produktif ketika tidak mengajak kedalam meeting.

 

Meeting harus segera dilakukan, bukan menunggu untuk dilakukan

Meeting dilakukan bukan karena jadwal, tetapi meeting memang harus dilakukan. Mulai dari meeting tahunan, meeting bulanan sampai meeting harian. Ketika Anda mempunyai  jadwal meeting bulanan, tetapi Anda harus memajukan meeting tersebut, itu berarti memang harus memajukan meeting tersebut. Jangan sampai Anda menunda-nunda. Lalu untuk masalah waktu, jangan jadwalkan meeting Anda. Misalkan meeting hari ini mulai jam 8 sampai jam 10. Itu akan membuat Anda akan terburu-buru. Jadwalkan meeting secepat dan seefisien mungkin. Ketika Anda hanya perlu meeting hanya 15 menit, selesaikan. Ketika Anda memerlukan waktu sampai 4 jam, juga selesaikan.

 

Anda yang mengundang, berarti Anda adalah raja

Siapapun yang mengundang Anda rapat, berarti dia adalah yang menjadi raja dalam meeting tersebut. Raja disini berarti Andalah yang mengatur bagaimana jalannya rapat. Setiap raja dari meeting harus mengawali dan mengatur bagaimana rapat itu akan berjalan. Usahakan rapat tetap berada dalam wilayah Anda.

rapat-efektif

Selesaikan dengan tindakan

Meeting dilakukan agar progress tetap berjalan bahkan meningkat. Meeting harian agar pekerjaan para pegawai tetap baik. Sedangkan untuk meeting mingguan, review agar pekerjaan seminggu kedepan lebih baik. Jangan sampai meeting yang Anda lakukan tidak menghasilkan apa-apa. Itulah gunanya meeting yang sebenarnya.

 

Nah, sekarang Sobat Studentpreneur sudah mengetahui kan bagaimana cara meeting Anda dapat berjalan lancar. Terinspirasi oleh artikel ini? Bagikan untuk teman-teman Anda di social media ya! Anda juga bisa mendapatkan informasi bisnis anak muda kreatif melalui Facebook atau Twitter Studentpreneur. [Photo Credit: John]

 

Rekomendasi Editor Hari Ini:

Hanya Lulusan SMK, Bisnis Anak Indonesia Ini Berjaya di Dunia Internasional

Tokopedia, Startup Lokal yang Mendapatkan Investasi 1,2 Trilliun Rupiah

Pendiri Coca-Cola Malah Mati Miskin

Dior Asning Kosyu

Bercita-cita menjadi pemain basket, kini Dior berubah profesi menjadi jurnalis yang ingin memperbaiki Indonesia melalui tulisannya.

Facebook Twitter Google+ 

Summary
Article Name
5 Cara Agar Meeting Anda Sukses
Author
Description
Banyak pengusaha yang tidak tahu bagaimana agar meeting yang dilakukannya bisa berhasil, simak tips dari kami berikut ini.